1. Jelaskan apa yang dimaksud dan fungsi dari rangkaian
dasar antarmuka!
Jawab :
Antarmuka Pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat
menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada
pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai
ditemukan suatu solusi. Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna :
a) Menyesuaikan
antar muka pengguna dengan tugas.
b) Membuat antar
muka pengguna menjadi efisien.
c) Memberikan arus
balik yang tepat kepada pengguna.
d) Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
e) Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
2. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk rangkaian
dasar antarmuka!
Jawab :
-
User compatibility
• Antarmuka merupakan topeng dari sebuah sistem atau sebuah
pintu gerbang masuk ke sistem dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi
software. Oleh karena itu, sebuah software seolah-olah mengenal usernya,
mengenal karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia secara
umum.
• Desainer harus mencari dan mengumpulkan berbagai
karakteristik serta sifat dari user karena antarmuka harus disesuaikan dengan
user yang jumlahnya bisa jadi lebih dari satu dan mempunyai karakter yang
berbeda. Hal tersebut harus terpikirkan oleh desainer dan tidak dianjurkan
merancang antarmuka dengan didasarkan pada dirinya sendiri Survey adalah hal
yang paling tepat
-
Product compatibility
• Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus sesuai
dengan sistem aslinya.
• Seringkali sebuah aplikasi menghasilkan hasil yang berbeda
dengan sistem manual atau sistem yang ada.
• Hal tersebut sangat tidak diharapkan dari perusahaan
karena dengan adanya aplikasi software diharapkan dapat menjaga produk yang
dihasilkan dan dihasilkan produk yang jauh lebih baik.
Contoh: aplikasi sistem melalui antarmuka diharapkan
menghasilkan report/ laporan serta informasi yang detail dan akurat
dibandingkan dengan sistem manual.
-
Task compatibility
• Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus mampu
membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. Semua pekerjaan serta
tugas-tugas user harus diadopsi di dalam aplikasi tersebut melalui antarmuka.
• Sebisa mungkin user tidak dihadapkan dengan kondisi
memilih dan berpikir, tapi user dihadapkan dengan pilihan yang mudah dan proses
berpikir dari tugas-tugas user dipindahkan dalam aplikasi melalui antarmuka.
• Contoh: User hanya klik setup, tekan tombol next, next,
next, finish, ok untuk menginstal suatu sotfware.
-
Work flow compatibility
• Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem
manualnya dan di dalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan
pekerjaan.
• Dalam sebuah aplikasi, software engineer harus memikirkan
berbagai rangkaian pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
• Jangan sampai user mengalami kesulitan dalam menyelesaikan
pekerjaannya karena user mengalami kebingungan ketika urutan pekerjaan yang ada
pada sistem manual tidak ditemukan pada software yang dihadapinya.
• Selain itu user jangan dibingungkan dengan pilihan-pilihan
menu yang terlalu banyak dan semestinya menu-menu merupakan urutan dari
rangkaian pekerjaan.
• Dengan workflow compatibility dapat membantu seorang user
dalam mempercepat pekerjaannya.
-
Consistency
• Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta
sesuai dengan produk yang dihasilkan.
• Banyak perusahaan dalam menjalankan sistemnya menggunakan
aplikasi sistem yang berbeda di setiap divisi dalam perusahaan tersebut. Ada
pula yang menggunakan aplikasi yang sama di divisi yang berbeda, seringkali
keseragaman dalam menjalankan sistem tidak diperhatikan
• Oleh karena itu software engineer harus memperhatikan
hal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang aplikasi khususnya
antarmuka, contoh: penerapan warna, struktur menu, font, format desain yang
seragam pada antarmuka di berbagai bagian, sehingga user tidak mengalami
kesulitan pada saat berpindah posisi pekerjaan atau berpindah lokasi dalam
menyelesaikan pekerjaan.
• Hal itu didasarkan pada karakteristik manusia yang
mempunyai pemikiran yang menggunakan analogi serta kemampuan manusia dalam hal
memprediksi.
• Contoh: keseragaman tampilan toolbar pada Word, Excell,
PowerPoint, Access hampir sama.
3. Jelaskan hal apa
yang mendasari antar perangkat dapat saling berkomunikasi biarpun karakteristik
perangkat tersebut berbeda-beda!
Jawab :
Hal yang paling mendasari antar perangkat dapat saling
berkomunikasi biarpun karakteristik perangkat tersebut berbeda-beda dikarenakan
adanya user yang merupakan sebuah system dengan diwujudkannya kedalam sebuah
aplikasih software dan aplikasi tersebust masih saling terhubung karena tidak
berbeda jauh dengan software yg satu dan masih memilikin kemiripan kelebihannya
pada aplikasi tersebut
Komentar
Posting Komentar